BERBAHAGIALAH ORANG-ORANG YANG TERASING (Chapter 1 in Blue Print)

Posted by Unknown Rabu, 03 Juli 2013 0 komentar


Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda:

<< بَدَأَ الْاِسْلَامُ غَرِيْبًا وَ سَيَعُودُ غَرِيْبًا فَطُوبَى لِلْغُرَبَاءِ>>
“Islam muncul pertama kali dalam keadaan terasing dan akan kembali terasing sebagaimana mulainya, maka beruntunglah orang-orang yang terasing tersebut.”

Al-Ghuroba (orang-orang yang terasing) adalah orang-orang yang terpisah dari kabilah-kabilah. Ad-Darimi, Ibnu Majah, Ibnu Abu^ Syaibah, al-Bazza^r, Abu Ya^’la dan Ahmad, mereka telah meriwayatkan suatu hadits dengan para perawi yang terpercaya (lafadz hadits versi Ahmad) dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata; Rasulullah saw. Bersabda:

<< إِنَّ الْإِسْلَامَ بَدَأَ غَرِيْبًا وَ سَيَعُودُ غَرِيْبًا كَمَا بَدَأَ فَطُوبَى لِلْغُرَبَاءِ, قِيلَ وَمَنْ اَلْغُرَبَاءُ؟ قَالَ النُّزَّاعُ مِنَ الْقَبَا ءِـلِ >>
“Sesungguhnya Islam muncul pertama kali dalam keadaan terasing dan akan kembali terasing sebagaimana mulainya, maka berbahagialah al-ghuraba (orang-orang yang terasing). Di katakan kepada beliau, “Siapa al-ghuraba itu?” Rasulullah saw. Bersabda, “Mereka adalah orang-orang yang terpisah dari kabilah-kabilah.”


       Dalam kamus lisanul arab dikatakan, “Niza^’u al-qaba^il (yang terpisah dari kabilah-kabilah) sama dengan ghuraba^uhum (orang-orang yang terasing dari mereka). Yaitu orang-orang yang bertetanggaan dengan kabilah-kabilah tapi bukan bagian darinya. Nizi^’un dan na^zi’un,... yaitu orang yang jauh dan raib dari keluarganya.
            Maka...
BERBAHAGIALAH ORANG-ORANG YANG TERASING.
MEREKA MEMPERBAIKI APA-APA YANG DIRUSAK MANUSIA.

Sumber : 
   Pilar-pilar Pengokoh Nafsiyah Islamiyyah
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: BERBAHAGIALAH ORANG-ORANG YANG TERASING (Chapter 1 in Blue Print)
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://avathuroba.blogspot.com/2013/07/berbahagialah-orang-orang-yang-terasing.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of aVathuroba.