PENGETAHUAN TINGKAT III

Posted by Unknown Kamis, 18 Juli 2013 0 komentar
Setelah manusia memperoleh pengetahuan tingkat II, manusia tentu tidak akan berhenti sampai di sini. Pengetahuan apa yang diperoleh manusia selanjutnya? Pengetahuan yang ingin diperoleh manusia adalah pengetahuan tentang pemanfaatan ilmu-ilmu murni yang telah mereka dapatkan dari pengetahuan tingkat II.

Jika manusia sudah mempunyai banyak ilmu pengetahuan tentang unsur-unsur kimia yang murni, unsur-unsur mineral, logam, struktur atom, struktur kromosom, inti sel dsb, maka yang menjadi pertanyaan adalah: akan digunakan untuk apa semua ilmu pengetahuan tersebut?

Nah, disinilah manusia akan tertantang untuk ingin mendapat pengetahuan lebih lanjut. Dengan menggunakan metode ilmiah seperti di atas, maka manusia dapat melakukan berbagai uji coba dari berbagai temuan unsur-unsur murni tersebut. Dalam skala laboratorium, ilmuwan dapat melakukan berbagai percobaan ilmiah. Cara yang digunakan misalnya dengan cara menggabungkan, merangkaikan, melebur, mencampur, mensuspensikan, mereaksikan berbagai unsur-unsur murni tersebut. Apa pengeahuan baru yang dapat diperoleh?

Inilah tingkatan pengetahuan yang lebih tinggi yang akan didapat oleh manusia, yaitu pengetahuan tingkat III. Apa yang membedakan dengan pengetahuan tingkat II di atas? Pengetahuan tingkat III ini diperoleh manusia dengan cara melakukan proses rekayasa (engineering) terhadap temuan-temuan murni yang berasal dari pengetahuan tingkat II di atas. Tujuannya tentu agar manusia bisa mendapatkan produk-produk yang memiliki nilai guna yang lebih tinggi bagi manusia (Triono, 2010).

Ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam tingkatan III ini dapat digolongkan ke dalam kelompok ilmu-ilmu terapan (applied sciences). Contohnya adalah: teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, kedokteran, pertanian, peternakan, dsb. Semua ilmu pengetahuan ini masuk dalam kategori rumpun ilmu pengetahuan alam.

Nah, bagaimana dalam khasanah ilmu-ilmu sosial? Dalam perkembangannya, rumpun ilmu-ilmu sosial juga tidak mau kalah dengan rumpun ilmu alam. Dengan menggunakan metode ilmiah juga, ilmuwan sosial dapat melakukan “rekayasa” terhadap berbagai model matematika yang telah diperoleh dari fenomena sosial yang masih asli. Hasilnya akan digunakan untuk kepentingan peramalan maupun pengambilan kebijakan untuk kepentingan pengaturan permasalahan sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan.

Apa nama ilmu pengetahuan sosial yang diperoleh dari pengetahuan tingkat III ini? Adalah khasanah ilmu-ilmu sosial, ternyata antara ilmu murni dan ilmu terapan tidak ada pemisahan yang jelas. Biasanya, antar keduanya masih tercampur dan tidak dapat dipilahkan dengan jelas. Misalnya, dalam ilmu ekonomi, ilmu politik, ilmu psikologi, ilmu sosiologi dsb, di dalamnya masih tercampur antara ilmu yang murni dan terapan.

Sumber:
Ekonomi Islam Madzhab HAMFARA

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PENGETAHUAN TINGKAT III
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://avathuroba.blogspot.com/2013/07/pengetahuan-tingkat-III.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of aVathuroba.